Drama Korea Terbaik Versi Aty Elias (Bagian Satu)

Haiii, gimana kabarnya semua?

Semoga masih kuat WFH-nya, kita semua paham dan mengerti bahwa pandemi covid-19 ini mengharuskan kita untuk stay at home.

Bagi teman-teman, pejuang nafkah yang tetap harus keluar rumah agar menggunakan masker, tetap jaga jarak aman dan menerapkan pola hidup sehat seperi selalu mencuci tangan dengan air atau hand sanitizer.

Kita semua tahu, bahwa pandemi ini berdampak di semua sektor dan semua kalangan. Kita hanya berharap semoga pandemi ini segera berlalu dan kita semua bisa kembali beraktifitas seperti biasanya.

Dalam kondisi begini, akutuh lebih senang kalian adu mulut karena pekerjaan nggak beres atau saling berdebat di medsos karena pilpres atau pilkada. Tandanya kalian sehat, dunia sehat dan Indonesia kuat J.

Buat kalian pencinta drama Korea yang sedang gabut di rumah dan masih diwajibkan stay at home, berikut aku rekomendasikan beberapa drakor yang enak ditonton, versi aku tentu saja.


1. Reply 1988


Drakor yang dibintangi oleh Lee Hyeri (Sung Deok Sun), Park Bo Gum (Choi Taek), Ryu Jun Yeol (Sung Sun Wo), Go Kyung Pyo (Kim Jung Hwan) dan Lee Dong Hwi (Ryu Dong Ryong).

Drakor ini mengisahkan kisah persahabatan 5 sekawan yaitu Deok Sun, Taek, Sun Wo, Jung Hwan dan Dong Ryon. Alurnya maju mundur, dari tahun 2015 yang merupakan tahun penayangan drakor ini dan tahun 1988. Deok Sun menceritakan kejadian-kejadian di tahun 1988.

Lima sahabat ini membangun persahabatan sejak mereka masih kecil dan berlanjut hingga mereka dewasa. Mereka juga bertetangga di kawasan atau distrik Dobong, Seoul Bagian Utara.

Cerita ini bukan melulu soal romansa percintaan anak SMA, tapi ada persahabatan, keluarga, komedi bahkan persaingan atas nama cinta.  Aku menyebut drakor ini paket lengkap. Fokus cerita, selain tentang cerita drama keluarga antara Deok Sun dan teman-temannya adalah siapa yang menjadi suami Deok Sun di akhir cerita. Soalnya Deok Sun jatuh cintanya sama siapa, ngegebetnya siapa dan dia nikahnya sama siapa, hahahaha.

Yang ngeship-in Deok Sun dengan Jung Hwan, udah terbaper-baper dengan hubungan mereka eh ujung-ujungnya malah patah hati, wkakak.

Menurutku drakor ini banyak banget pesan moralnya, setiap episode ada saja yang bikin mau nangis, 10 menit bikin ngakak saking kocaknya, 20 menit bikin pengen nangis.

Contohnya, Saat Bora, Kakak Deok Sun menikah dia berusaha banget membuat ayahnya bahagia dengan membelikan sepatu baru, padahal sepatunya kebesaran dong. Eh, sama ayahnya disumpal pakai tissue supaya muat.

Bora yang tidak terlalu dekat dengan ayahnya, nggak sanggup bicara karena mereka punya sifat yang sama, hanya bisa mengirimkan selembar surat saat menikah. Sedih banget lagi kata-katanya, aku hanya bisa menahan sesuatu di tenggorokan, tercekat gitu.

Contoh lainnya, Taek yang memutuskan tidak sekolah formal dan fokus pada bakat dan hobby yang ditekuninya, yaitu baduk. Bapaknya  mendukung penuh keputusan anaknya, tapi namanya bapak-bapak, ada sebagian yang tidak bisa mengungkapkan perasaannya. Dia cinta banget sama anaknya, tapi tak bisa mengepresikannya. Apalagi ibunya sudah lama meninggal. Taek si pria datar dan imut tapi berani menyatakan perasaannya tanpa keraguan, beda banget sama yang bikin patah hati itu, hahaha.

Yang pasti melihat persahabatan mereka, hubungan antar tetangga dll, membuatku bernostalgia dan mengingat masa-masa kecilku. Hal-hal yang dilakukan di Indonesia masa itu, ternyata dilakuin juga di Korea, lho.

Contohnya, saling berbagi makanan dengan tetangga. Ngobrol santai di balai-balai bambu depan rumah, suka pada ngumpul sambil nonton di rumah salah satu teman. Dan, banyak lagi kesamaan lainnya. Tonton deh.

Untuk drakor ini aku kasih nilai 10/10. SEMPURNA, versiku tentunya. Kalian boleh beda, kok.




2. The Great Queen of Seondeok

Drakor tema saeguk atau kerajaan Korea, yang dirilis tahun 2009, sebanyak 62 episode. Akting Lee Yoo Won (Ratu Seondeok), Uhm Tae Woong (Kim Yu Shin) dan Kim Nam Gil (Bidam) adalah kombinasi yang sangat apik.

Ratu Seondeok atau Deokman berjuang untuk mendapatkan takhta yang seharusnya menjadi miliknya. Untuk mendapatkan itu semua dia ditemani oleh Kim Yu Shin yang kelak menjadi Jenderal Perang Korea yang terkenal (Ada tuh patungnya sekarang, di pusat Kota Seoul kalo nggak salah) dan Bidam yang menjadi perdana menteri tapi namanya tidak tercatat dalam sejarah sebagai orang baik, justru sebagai penghianat.

Yu Shin mencintai sang Ratu, tapi Ratu malah mencintai Bidam.  Ratu dan Bidam ini saling sayang banget, tapi ada saja halangannya buat mereka bersatu.

Ratu sudah memberikan sebuah cincin pada Bidam dan menyuruhnya ke sebuah desa yang jauh dari kota. Ratu akan turun takhta.  Awalnya Bidam iya-iya ajah, eh di jalan dia ketemu si Yeom Jong bangsad, dihasut dan akhirnya memberontak.

Cara tewasnya, aku nangis sampai habis tissue, sampai ditegur Kak Ias “Nonton kok nangis, bukannya happy!”

Yaa kali, kalau tewasnya karena perang eh ini dia memberontak kemudian ditusuk pedang oleh Kim Yu Shin tepat di depan Ratu. Padahal mereka sudah janjian untuk membangun rumah tangga bersama. Ahhh, sial. Kejam emang writer-nimnya ini.

Apakah Ratu memilih Kim Yu Shin sebagai pendamping hidupnya? Hmm, cinta Ratu udah mati, pergi bersama Bidam. Akhirnya Ratu wafat tanpa suami apalagi pewaris. Sedihlah!

Aku kasih nilai 9.5/10. Bagusss.


3. The King 2 Hearts

Ini kisah fantasi, tentang Kerajaan Korea yang masih eksis di era modern. Padahal sekarang khan sudah berbentuk Republik Korea Selatan.  Drakor ini diperankan oleh Lee Seung Gi (Lee Jae Ha), Ha Ji Won (Kim Hang Ah), Jo Jung Suk (Eun Shi Kyung) dan Lee Yoon Ji (Lee Jae Shin).

Sama seperti Crash Landing on You, kisah cinta The King 2 Hearts antara dua Negara yang sampai sekarang masih musuhan, Korea Utara dan Korea Selatan.  Si Pangeran, Lee Jae Ha dari Kerajaan Korea Selatan jatuh cinta pada seorang Kamerad dari Korea Utara, Kim Hang Ah, yang juga putri seorang pembesar Korut. Rumit dan ribet pokoknya kisah cintanya.

Serumit-rumitnya kisah pangeran, yang harus jadi Raja karena kakaknya meninggal. Masih lebih rumit, sedih dan miris kisah cinta pengawalnya Eun Shi Kyung dengan Putri Lee Jae Shin. Dia tewas chin.

Kisah second lead-nya lebih dramatis disbanding lead male-nya. Ini writer nim-nya betul-betul tega. Dibikin apa kek si Shi Kyung, nggak usah dibikin mati setragis itu. Emosi gw, wkakak.

Aku kasih nilai 9/10.


4.  Go Back Couple

Drakor tahun 2017, yang baru aku tonton kemarin.  Yah, maklum saja pas drakor ini tayang sepertinya aku sedang hamil, jadi nggak bisa ngikutin.

Bercerita tentang pasangan suami istri Jang Nara (Ma Jin Jo) dan Son Ho Joon (Choi Ban Do) yang rumah tangganya kelihatan berantakan dan tidak bahagia karena masalah ekonomi. Yaa, Choi Ban Do harus bekerja keras memenuhi target perusahaan, sedangkan Ma Jin Jo yang tinggal di rumah, merasa kurang perhatian karena suaminya sibuk. Hidupnya dihabiskan dengan mengurus rumah dan anaknya. Dia butuh me-time.

Akhirnya, mereka memutuskan untuk bercerai. Yaa, setelah 14 tahun membangunrumah tangga, Ma Jin Jo merasa tidak bahagia.

Setelah keputusan bercerai dikeluarkan oleh pengadilan, mereka hidup masing-masing. Tapi, setelah bangun dari tidurnya, justru mereka berada di tahun 1999. Saat mereka masih kuliah, terpental kembali ke masa lalu.

Ma Jin Jo yang ibunya telah meninggal, bahagia bisa bertemu kembali. Dia sangat menyesali, karena di akhir hidupnya tak bisa melihat ibunya. Penyebabnya Choi Ban Do harus ditangkap karena memukuli anak-anak sekolah yang sedang membully temannya. Ma Jin Jo pun harus mengurus suaminya, baru kemudian bisa menemui ibunya yang ternyata telah meninggal.

Ma Jin Jo dan Choi Ban Do memutuskan untuk mencari cinta mereka yang lain saat masih kuliah sekaligus berusaha memperbaiki kisah hidup sahabat-sahabatnya Ahn Jae Wo, Go Dok Jae, Yoon Bo Reum dan Chun Seoul.

Mereka juga mengerjakan hal-hal yang tidak pernah dilakukan semasa kuliah dulu, seperti ke kelab malam, berjoget dan ngesoju.

Drakor ini banyak banget pesan moralnya, terutama buat kalian yang sudah menikah kayaknya wajib nonton ini. Bagaimana cinta itu memang harus selalu dijaga dengan saling percaya dan keterbukaan satu sama lain.

Sesekali kita butuh menapak tilasi tempat-tempat yang membuat kita jatuh cinta pertama kali dengan pasangan. Mereview kembali alasan kita mencintai pasangan.

Marah dan kesal dalam hubungan suami istri itu wajar saja. Jika masih ada salah satu dari pasangan yang mencintai, maka bertahanlah tapi jika hubungan suami istri ini hanya saling menyakiti maka saatnya saling terbuka dan berkomunikasi untuk menumbuhkan cinta kembali bersama-sama atau sama-sama meninggalkan untuk kebahagiaan yang baru.

Berpisah itu bukan pilihan jahat, meskipun bukan opsi terbaik. Apalagi jika sudah punya buah hati.

Drakor ini aku kasih skor 9/10. Kalian wajib nonton ini jika sudah menikah.


5. Descendants of the Sun

Semua orang mungkin tahu, alasanku nonton drakor ini karena keberadaan Song Jong Ki, hahaha.

Yess, selain Lee Seung Gi, Song Seung Heun dan Kim Nam Gil, aku suka banget sama bocah satu ini. Lihat wajahnya adem banget, kayak embun di pagi hari gitu. Apalagi di Descendants of The Sun, Jong Ki yang berperan sebagai Kapten Yo Si Jin beradu acting dengan Song Hye Kyo yang berperan sebagai Dokter Kang Mo Yeon. Acting mereka di DotS berakhir di pelaminan, meskipun mereka akhirnya harus berpisah setelah 2 tahun mengarungi bahtera rumah tangganya. Aku bahagia mereka merried, tapi aku nggak nge-ship mereka di kehidupan nyata. Nggak cocok mereka tuh, serius dah J

Drakor ini berkisah tentang romansa cinta antara Kapten Yoo, seorang tentara pasukan khusus dan Dokter Kang. Sejak awal bertemu, mereka sudah saling jatuh cinta dan prosesnya lumayan cepat. Hanya saja yang membuat lama, mereka putus nyambung, putus nyambung.

Dokter Kang ragu pada Kapten Yoo karena pekerjaannya.  Dia takut, gimana nggak waswas, mereka janjian untuk dinner malah Kapten Yoo dijemput helicopter langsung di atap rumah sakit karena harus bertugas ke Afganistan atau pada saat mau nonton bioskop berdua, eh si Kapten Yoo malah dapat ditelpon komandannya untuk melakukan sebuah tugas.

Jelaslah, sebagai perempuan khawatir. Karena Dokter Kang juga ingin menjalani hubungan cinta sama seperti sepasang kekasih pada umumnya.

Dokter Kang melihat patriotisme yang tinggi saat mereka sama-sama ditugaskan di sebuah Negara kecil bernama Urk (Negara fantasi aja ini). Dan, Kapten Yoo tentu saja melihat seorang Dokter Kang yang juga memiliki dedikasi yang sangat tinggi.

Dari drakor ini aku tahu bagaimana beratnya tugas seorang tentara apalagi dengan label pasukan khusus. Aku juga akan bertindak seperti Dokter Kang, memutuskan untuk berhenti daripada harus melanjutkan hubungan sementara rasa waswas setiap jam mengintai.

Tapi, namanya cinta kadang-kadang tak ada logika.

Jika cinta sudah tertaut, akan selalu saja ada jalan untuk tetap terpaut.  Akhirnya, tetaplah cinta harus diperjuangkan, yaa nggak sih?

Drakor ini aku kasih nilai 9/10.


Gaezzz, ini dulu yaa drakor terbaik menurut versiku, besok lagi aku lanjutin. Masih ada beberapa nih. Aku mau lanjut ngisi kelas daring untuk mahasiswa dulu, soalnya mereka adalah segalanya 😀

Salam.

-Aty Elias-

1 komentar

cuap - cuap Widhie BBF mengatakan...

Diantara drakor ini cuman nonton reply 1988 , GO back Couple sama dots.... Drakor yang membekas pas selesai nonton...