Barcelona : Menatap Treble Winner.

Campeona, campeona...

Euforia kemenangan Barcelona seolah tidak habis – habisnya. Klub Catalan ini berhasil mengunci kemenangan di jornada ke-37 La Liga Spanyol, meski kala itu masih menyisakan satu pertandingan lagi.

Setelah musim lalu dikandaskan oleh Atletico Madrid di Camp Nou lewat hasil seri, padahal Blaugrana saat itu butuh kemenangan untuk menjadi juara. Dan, tahun ini seolah Barca membalas dendam, tidak perlu mencetak banyak gol. Barca hanya butuh kemenangan meski hanya satu gol saja. Messi yang lagi – lagi tampil sebagai penentu kemenangan Barca, lewat tendangan kaki kiri dan hasil kerjasama dengan Pedro, maka lahirlah sebuah gol dari kaki kiri La Pulga. Gawang Oblak yang dijaga dengan begitu apik sepanjang laga, disobek dengan indahnya oleh Messi. Musim lalu, Atletico Madrid berpesta di kandang Barca, dan musim ini Iniesta dkk berpesta di Vicente Calderon. Sebuah pembalasan dendam yang indah. Good job, Enrique.

Barcelona memang menunjukkan kuasanya di kancah La Liga Spanyol, selama 11 tahun terakhir Barca mampu menjadi kampiun sebanyak 7 kali, bandingkan dengan Madrid yang hanya mampu meraih juara sebanyak 3 kali, mirisnya Madrid dalam 7 tahun terakhir hanya juara satu kali. Atletico Madrid pun mampu mencuri satu kali juara di musim lalu. Atletico dibawah asuhan Diego Simeone memang mampu menahan laju dari dua raksasa Spanyol tersebut.

Barcelona yang dilatih oleh pelatih debutan Luis Enrique, berada dalam masa – masa yang indah. Sama halnya musim 2008/2009 lalu saat masih dilatih Pep Guardiola, Barca mampu meraih treble winner. Begitupun di musim 2014/2015 ini, tidak menutup kemungkinan Barca bisa meraih tiga piala dalam satu musim. Apalagi menjadi juara La Liga sudah direngkuh. Barca berhasil menjadi kampiun di partai final Copa Del Rey, setelah membungkam Atletico Bilbao 3 – 1. Akhir musim yang indah tentunya bagi punggawa – punggawa Blaugrana di liga Spanyol. Laga terakhir untuk musim ini adalah final Champion League yang akan diadakan di Berlin pada tanggal 6 Juni 2015. Barcelona berhasil mengkandaskan Bayern Muenchen dengan agregat 5 – 3. Barca pun akan menghadapi sang juara liga Italia, Juventus. Bianconeri maju ke partai final setelah mengalahkan juara bertahan Real Madrid dengan agregat 3 – 2. 


Skuad Barcelona Musim 2014 - 2015 (credit)

Barcelona vs Juventus

Laga yang paling ditunggu tentulah penutup dari semua liga – liga di Eropa, final Champion League.  Si kuping besar diperebutkan kembali, apakah akan bertahan di negeri Matador atau malah akan menyeberang di negeri Pizza.  Cukup menarik untuk ditunggu. 
Juventus sama halnya dengan Barca, menutup musim ini dengan gilang gemilang. Setelah menjadi jawara di Serie A Italia, Pirlo dkk juga berhasil meraih piala Copa Italia setelah mengalahkan Lazio dengan skor 2 – 1.

Sebagian dari Pemain Juventus (credit)

Kedua tim sama – sama dalam kondisi siap tempur, kedua tim siap saling bunuh di partai puncak demi sebuah kemenangan. Dari semua ajang bergengsi di benua Eropa, secara head to head Barcelona menang 2 kali di dua ajang, yaitu pada perhelatan piala Eropa musim 1985 – 1986, saat itu Michael Platini masih membela Bianconeri.

Pada musim 1990 – 1991, Barcelona keluar sebagai juara piala Winners setelah mengalahkan Juventus dengan agregat 3 – 2.  Musim 2002 – 2003, Barcelona kandas di perempatfinal Liga Champion dengan agregat 3 – 2. Uniknya, saat itu Luis Enrique bermain sebagai kapten tim Barcelona, yang bermain bersama Xavi Hernandez. Dan, dibawah mistar gawang Juventus Gianluigi Buffon berhasil menjaga gawangnya.  Untuk final kali ini, Enrique sudah berubah peran menjadi pelatih, sementara Buffon masih handal di bawah mistar gawang La Vecchia Signora atau Si Nyonya Tua, julukan lain bagi tim Juventus.  Sementara Xavi Hernandez akan berperan sebagai kapten tim Barcelona, dan menjadi debut terakhir Xavi di tim Catalan ini.

Si Kuping Besar Trofi Liga Champion (credit)
Kedua tim sama – sama punya kans untuk juara, karena keduanya adalah tim jawara dari liga masing – masing negaranya.
Barcelona, tentunya ingin menutup musim ini dengan senyum manis.  Setelah kesulitan di awal musim ini, menjadi sesuatu yang sangat menakjubkan jika Barca mampu menutup musim dengan treble winner. 

Siapa yang menyangsikan trisula Barca di depan, Messi – Suarez – Neymar.  Dipadu dengan permainan apik dari lini tengah Barca Rakitic – Iniesta atau Xavi – Busquets. Pertahanan yang solid di lini belakang yang digalang oleh Dani Alves – Pique – Jordi Alba – Mascherano. Sementara di bawah mistar gawang Ter Stegen, akan menjadi tembok terakhir Barcelona.  Ter Stegen memang didapuk sebagai kiper untuk Liga Champion, sementara Bravo menjadi kiper utama di liga domestik, La Liga.


Dengan bekal pemain – pemain yang mumpuni ini, Barcelona tentunya memiliki harapan besar untuk menjadi juara.  Meskipun demikian, Barcelona tidak boleh jumawa, Juventus juga merupakan tim yang luar biasa hebat.  Pertahanan catenaccio ala negeri pizza, akan membuat Barca kesulitan membongkar pertahanan Juve.  Lini depan Juve pun cukup tajam, Morata dan Tevez akan menjadi ujung tombak. Di samping itu lini tengah yang dihuni oleh Pirlo, akan bahu membahu dengan Vidal dan Pogba.  Sementara di lini belakang, trio BBC atau Barazagli, Bonucci dan Chellini yang tentunya akan dibantu oleh Evra akan menghalau laju trio MSN milik Barcelona.

Akankah Stadion Olimpiade Berlin menjadi saksi bisu bagi kemenangan Blaugrana, atau malah sebaliknya.  Cukup menarik untuk disaksikan.


Salam Olahraga,
-Aty Elias- 

6 comments:

Ade Anita

Hah! Ini benar-benar tulisan seorang penggila bolaaaaaa.... gilaaa...ulasannya dasyat bingitttssss.... aku terbengong-bengong bacanya....serasa baca artikel di tabloid bola.. hahahhaha..... tulisan kek gini mah demenan suamiku inihhh..xixixixi...

Agustinadian Susanti

good luck y mak. penggemar bola banget ya mak hihi aku ga bs nulisnya :D

yunarty itu aty_bidam

Hihihi, iya nih mba Ade, kalo nulisnya hal yg disukai mah gitu yak, ini ngalir aj kok...

yunarty itu aty_bidam

Hehehe, mmg kalo mw nulis tuh berangkat dr hal2 yg k iou ta sukai dl y mak...

Mugniar

Wew, postingan Juli dan Agustus mana, Ty? Hayo posting lagi ... sbentar ji kalo nulis2 blog :D

yunarty itu aty_bidam

Iye kk, ad kowdong draftnya tp tdk sempatkah posting2kie, hehehe...