Jakarta : Diplomatic City of ASEAN

     Diplomasi merupakan salah satu jalan untuk memecahkan masalah baik yang terjadi di dalam negeri suatu negara atau di luar negeri.  Diplomasi yang baik akan berhasil mengatasi isu sensitive bagi pihak – pihak yang terlibat didalamnya tanpa merusak net working yang ada.

Credit
     Jakarta yang merupakan ibukota Indonesia terpilih menjadi Diplomatic City of ASEAN pada KTT ASEAN ke-21, yang dilaksanakan di Phnom Penh, Kamboja. Terpilihnya Jakarta sebagai kota diplomasi di ASEAN karena Indonesia mempunyai peranan yang penitng dan vital di kawasan Asia Tenggara. Selain itu Indonesia pada saat menjadi ketua ASEAN tahun 2011 lalu, dianggap mampu menyelesaikan konflik perbatasan Kamboja dan Thailand, dan sengketa di Laut Cina Selatan dapat diselesaikan secara internal oleh ASEAN dengan Tiongkok.  Dan di Myanmar, akhirnya junta militer membebaskan tahanan politik secara bertahap dan bersedia mengikut sertakan partai Liga Nasional Demokrasi yang dipimpin oleh Aung San Suu Kyi  untuk pemilu. 
   
Credit
 Ditunjuknya Jakarta menjadi sekertariat ASEAN memberikan dampak positif bagi Indonesia.  Jakarta tentu saja akan menjadi pusat diplomasi negara – negara yang ada di ASEAN.  Sebuah kepercayaan dari negara – negara ASEAN untuk mempercayakannya kepada Indonesia, karena bangsa Indonesia dapat menjadi penghubung antara negara – negara ASEAN, apalagi jika ada masalah atau konflik baik sesama anggota ASEAN maupun dengan negara lain.

     Dengan menjadi pusat komunitas diplomasi akan menumbuhkan ekonomi dan membuka peluang usaha bagi masyarakat Jakarta tentunya.  Ada banyak usaha yang bisa dikembangkan seperti usaha hotel, apartemen, restoran, usaha properti ataupun usaha perbankan.  Semua usaha ini akan semakin menggeliat dan tentunya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

     Dalam hidup ada plus dan minus, selain dampak positif juga ada dampak negatif yang ditimbulkan. Dengan menjadikan Jakarta sebagai “Diplomatic City of ASEAN” maka bukan tidak mungkin jika hubungan luar negeri Indnesia juga akan mendapat ‘imbas’ dari permasalahan yang diselesaikan.  Ibaratnya bertetangga tidak semuanya tetangga yang senang dengan keputusan yang diambil oleh pak RT bukan, tetap saja ada pro dan kontra.  Disinilah sebenarnya peran dari diplomasi tersebut.

     Selain itu, dengan makin berkembangnya usaha – usaha seperti perhotelan, perbankan, properti yang menggunakan investor asing akan semakin membuat pengusaha – pengusaha lokal ataupun pedagang – pedagang kecil akan semakin terpuruk ditengah ‘invasi’ investor dari luar.  Belum lagi akan kian menambah kemacetan tentunya.  Dan, bisa saja justru masalah – masalah dalam negeri kita sendiri tidak terurus, karena terlalu sibuk berdiplomasi J semoga hal ini tidak terjadi yaa...

     Sebagai sekertariat ASEAN, Diplomatic City of ASEAN, Jakarta tentulah harus berbenah dari segala sektor.  Peningkatan fasilitas dan pelayanan publik mesti ditingkatkan, mempersiapkan SDM yang tentunya kompeten dibidangnya masing – masing, penataan kota dan perbaikan infrastruktur juga harus mendapatkan perhatian karena Jakarta itu tidak lepas dengan yang namanya banjir dan macet, untuk itu harus segera mendapatkan prioritas dari pemerintah, khan tidak seru tokh kalau lagi mengadakan pertemuan dengan tujuan diplomasi sambil menggulung celana selutut karena banjir, hmm.

     Satu lagi keamanan Jakarta harus terjamin, jangan ada kericuhan diantara kita.  Bagaimana mau menyelesaikan konflik negara lain, kalau konflik di negara sendiri tidak sanggup diselesaikan.  Tapi, sebagai warga negara Indonesia aku yakin bahwa Jakarta sebagai ibukota negara Indonesia mampu mengemban peran sebagai kota diplomasi bagi negara – negara ASEAN.  Insya ALLAH J

 Salam

Yunarty Yahya Elias

SUmber Bacaan :
  1. http://wartaekonomi.co.id/berita6386/host-country-agreement-kokohkan-jakarta-jadi-ibu-kota-asean.html
  2. http://nasional.news.viva.co.id/news/read/265252-ktt-asean-dan-peluang-diplomasi-indonesia
  3. http://id.wikipedia.org/wiki/Hubungan_luar_negeri_Indonesia
===========================================

2 comments:

BlogS Of Hariyanto

semoga dengan terpilihnya Jakarta, bisa menjadi gerbang kedamaian bagi seluruh negara ASEAN, dan tentunya juga bagi Indonesia sendiri....salam :-)

Keke Naima

semoga Jakarta dpt mengemban tugas sebaik2nya :)