Persahabatan Dunia Maya yang Tanpa Batas ^_*

     Di dunia nyata, aku type setia dalam hal menjalin persahabatan *cieee.  Yagh, karena aku memang masih bersahabat dengan teman – teman SD-ku,teman – teman SMP-ku, teman – teman SPP-ku dan teman – teman semasa di bangku kuliah.  Mungkin karena aku suka mencari informasi tentang sahabat – sahabatku itu.  Aku rajin mencari di sosial media, mulai dari jaman friendster sampe jaman facebook – twitter.  Makanya, tidak salah jika di phonebook hapeku tuh bertebaran nomor hape sahabat – sahabatku.  Jadi kalau ada yang menginginkan no hape si A sahabat SMP-ku, tanya saja padaku, karena kemungkinan besar aku punya no hapenya, Alhamdulillah setiap mudik aku selalu menyempatkan diri bersilaturrahmi ke rumah sahabat – sahabat SD-ku, SMP-ku atau SPP-ku, yang agak sulit adalah teman – teman kuliahku karena kebanyakan mereka tinggal di propinsi lain, tapi ditengah kemajuan tekhnologi aku tetap bisa bersua dengan mereka via sosmed, bbm, sms, skype, whatsapp, line, WeChat, kakao talk *aku punya ID utk semua aplikasi tersebut, hehehehe :D

     Dan, setelah kenal sosmed, aku pun bertemu dengan teman – teman pencinta drama korea, kami membentuk komunitas sendiri, bahkan aku sering kopdar dengan mereka, tar deh kuceritain tentang persahabatanku dengan mereka, akan ada sesi selanjutnya.

     Persahabatan itu tidak sebatas di dunia nyata saja tapi sebuah persahabatan juga bisa terjalin lewat dunia maya, utamanya lewat media yang bernama blog.  Walaupun, aku baru dalam dunia perblog–an, tapi  dunia satu ini membuat mataku lebih terbuka lagi.

    Menurutku  persahabatan itu harus saling mengisi satu sama lain, saling melengkapi dengan yang lain.  Hubungan persahabatan itu melebihi orang yang sedang di mabuk asmara.  Jika, orang yang pacaran marahan mereka akan putus.  Tapi, jalinan persahabatan yang kadang kala memang mengalami pasang surut justru tidak akan membuat kita putus, tapi akan saling menguatkan.

     Dan persahabatan itu sesungguhnya tidak hanya terjadi karena kita sering bertemu di kelas atau di kantor, tapi persahabatan pun bisa terjalin akibat sering bertemu via sosmed seperti facebook ataupun blog walking di blog masing – masing ataukah mention – mentionan di twitter.

     Buatku persahabatan ala blogger ini aku mulai pada saat berkenalan dengan mba Ade Anita.  Mungkin tidak banyak yang tahu karena beliaulah sehingga aku bersemangat kembali untuk ngeblog dan menggeluti kembali hobby menulisku yang sudah lama kutinggalkan.

     Kami belum pernah kopdar sih, tapi aku yakin suatu saat nanti bisa ketemuan dan berhahahi bersama.  Aku menghubungi ibu penggemar berat Ridho Rhoma ini lewat pesan – pesan di fesbuk –saling bertanya kabar– , aku yang cerewet ini sering minta dikoreksi FF-nya yang gak maju – maju seertinya, tapi beliau sabar banget menghadapiku, mba Ade-pun selalu rajin blog walking –berkunjung dan memberi komentar di blogku– akupun sering membalas kunjugan  beliau.

Saat meminta saran untuk FF-ku
Saat kangen status2 Mba Ade, akupun tidak segan menanyakan kabar beliau :D
     
     Terima kasih karena telah membarakan kembali semangatku mba Ade, aku belajar lewat mba, yang selalu bersemangat dalam hal tulis menulis, semoga kelak aku bisa mengikuti jejak mba Ade, menjadi penulis *mimpi yang tidak pernah mati.

     Selain dengan mba Ade, kisah persahabatanku ala blogger lainnya adalah dengan dik Mariana Janis perempuan tangguh berputri dua ini adalah sekampungku, yang juga punya hoby yang sama denganku.  Apalagi kalau bukan nonton drama Korea yang sedang in.  Saling bertukar informasi tentang alur cerita drakor yang sedang tayang. 

Dongsaeng Mariana Janis
     Aku lupa darimana awalnya aku bisa cukup dekat dengan dongsaeng (baca : adik) satu ini, selain suka drakor, kami juga sama – sama mencintai dunia kepenulisan –khan ketemunya di BaW, komunitas penulis dan calon2 penulis hebat– . Seingatku, aku pernah membaca postingannya di blognya.  Tentang kisah hidupnya yang cukup tragis sedari kecil hingga merried.  

Curhatan ala blogger yang lagi buntu ide
     Karena punya cita – cita yang sama, yaitu menjadi penulis maka curhatan kami tidak jauh – jauh dari yang namanya menulis, pas buntu ide pun curhatan melalui bbm-lah menjadi salah satu pengobatku. Hiks.

Ngobrol serius tentang anak - anak dik Ana
Sharing tentang anak juga, sama - sama mencari solusi
     Terkadang pula curhatan kami menjadi salah fokus, malah merembet ke area – area pribadi. Dari curhat – curhatan inilah aku menjadi tahu tentang hidupnya, yang jauh dari kata bahagia. Bahkan di usia mudanya dia harus menjadi single parent. 

     Dari sahabatku satu inilah aku menjadi tahu bagaimana sakitnya diduakan, bagaimana nyerinya disakiti, bagaimana pedihnya menjadi orang yang tak dipedulikan.  Adik yang sering kusapa dengan Ana ini tetaplah tangguh  berjuang di atas kakinya sendiri.  Salut.

     Persahabatanku dengan Ana dan  ini sangat kunikmati, karena akupun bebas bercerita tentang apapun, yang jelas aku merasa nyaman dan aman bersamanya *cieeee.  Sebenarnya disaat kita bisa bebas bercerita, merasa nyaman dan aman inilah maka persahabatan itu bisa terajut dengan mesra hingga nanti.

Saat - saat saling menguatkan
Salah satu bentuk perhatian dan kepedulian kami, bertukar kabar
     Akan tetapi walaupun kita sudah merasa dekat, kita tetap harus punya rambu – rambu atau etika terhadap sahabat blogger kita ini, karena kita tidak bertemu secara langsung.  Menurutku hal – hal yang harus kita perhatikan dalam menjalin persahabatan ala blogger ini adalah :
  1.    Komentar – komentar kita harus tetap santun dan menjaga perasaan si sahabat 
  2. Saling pengertian, jangan sampai mengirim sms ataupun chat di tengah malam buta padahal sahabat kita sedang istirahat.
  3. Memberikan perhatian, misalnya memberikan ucapan selamat, tak perlu memberikan kado jika terasa berat, sekedar ucapan pun sudah bisa menyenangkan sahabat.
  4. Saling memberi kabar, dengan saling berkabar disitulah wujud kepedulian kita terhadap seorang sahabat.
  5. Jangan pelit berbagi informasi tentang kesehatan ataupun lomba – lomba blog atau lomba – lomba kepenulisan (wajib bagi penulis).

     Persahabatan di dunia maya seperti blog ini sangat menyenangkan.  Buatku persahabatan ala blogger itu adalah persahabatan dunia maya tanpa batas.

     Persahabatan itu bisa berjalan secara selaras, penuh dinamika yang terbungkus dalam harmonisasi kehidupan.  Kita memang saling berjauhan, terpisah jarak yang membentang luas tapi hati kita sudah terpaut satu sama lain. Karena persahabatan dunia maya ini betul – betul tanpa batas, menembus dimensi apapun.

Dan, para blogger dimana pun berada pasti juga punya sahabat antar sesama blogger juga khan????

"Cerita ini diikutsertakan dalam Giveaway  Ikakoentjoro's Blog dan Lieshadie's Blog -Indahnya Persahabatan Blogger-"
  

  Salam Cinta
  ===================================   



8 comments:

Mugniar Marakarma

Manisnya .... :)
Saya juga pingin bertemu mbak Ade, pasti asyik ya kalo bisa ketemuan langsung. KAlo dengan Ana, saya sudah bbrp kali ketemu dan juga SMSan, tlp2an :)

Ade Anita

Waaaaahhhh.... aty sudah membuatku terharuuuuuuuuuuu.... aduh makasihhhhhh.... huhuhu... asli terharu baca tulisan ini karena ternyata akunya suka sibuk dan lupa menyapamu setelah kesibukannya usai. Maaf ya. Semoga Allah memberi banyak keberkahan untuk semua ketulusan aty dalam persahabatan ini. Aamin.
Buat mugniar juga. Buat mariana janis juga.

Wa Iba

Persahabatan bagai kempompong ya, Dik Aty. Selamat sudah lahir lagi satu tulisan baru. Topiknya bagus. Saya punya beberapa koleksi tulisan juga di kompasiana.com. Masih jauh dari sempurna tapi menulis selalu jadi terapi paling mujarab untuk mengobati rindu sama keluarga :)Keep up the good work

Ila Rizky Nidiana

aku juga seneng mba kenal mba ade dan mba aty. kalo mba ade nih komen panjanggggg banget. hehe. tapi dari situ jadi tau lebih banyak dan bisa diskusi juga ya. mba aty juga seneng diskusi. jadi rasanya punya temen yang nyambung itu asyik :D

Chaidir Precious

Jadi pengen juga punya temen yang nyambung dan asyik diajak ngomong apalagi soal blogger.. Soalnya masih baru banget nih mulai ngblog..

Mantap kisah persahabatannya mbak!! :-D

Ilham Bahtiar

Jadi, kapan saya punya sahabat maya juga. :)
Keren, keren. Semogaa GA-nya sesuai harapannya. Amin.

yunarty itu aty_bidam

@ kak Mugniar dan mba Ila...awalnya aku masukin 4 orang sahabat dunia mayaku, tp gtw kenapa gak tahu taruh dimana outlinenya, ini bikin baru lagi, sama sms2ku ke mba ila juga sdh kehapus, makax nyari2 lagi eh sudah pada ilang, hiks :'(

@ mba Ade...gpp lagi mba Ade, yang penting hati selalu saling bertaut, mmuuaaccchhh :)

kak Iba...hehehe *jadi malu, menulis memang adalah terapi paling mujarab kak, apalagi kak iba khan dluar negeri jadi punya banyak cerita2 tuh, posting kk cerita2nya di Amrik sana :D

@ mas Chaidir...ayooo ngeblog masss, biar punya banyak temen :D

@ mas Ilham...makasih sudah berkunjung mas :D

Irfan Student

Aku juga pengen dong jadi sahabatnya :)
Nice Blog