MENULARKAN HAL POSITIF PADA ORANG TERDEKAT...

Postingan ini diikutkan dalam 8 minggu ngeblog bersama anging mammiri, minggu ketujuh dengan tema Seandainya saya tidak ngeblog.

     Ada banyak manfaat yang didapatkan pada saat ngeblog, secara pribadi manfaat ngeblog sudah dipaparkan di postingan sebelumnya dengan judul "Langit Masih Biru".  

     Blog, ternyata tidak hanya dipakai untuk curhat, sebagai sarana berlatih untuk menulis, mengikuti berbagai macam lomba menulis melalui blog, akan tetapi aktifitas blogging ini juga bisa mendatangkan uang.


     Bagaimana mendatangkan uang via blog ??? Ada banyak cara mengumpulkan lembaran – lembaran rupiah hanya dengan cara berafiliasi dengan produk – produk digital di internet.  Jika sudah berafiliasi, maka tugas kita hanyalah mempromosikan produk – produk digital tersebut di blog kita.  Dan jika berhasil menjual maka kita akan mendapatkan komisi dari perusahaan yang telah kita promosikan tersebut.  Yang agak susahnya dalam system afiliasi ini adalah kita harus mencari orang untuk mendaftar atau kita harus mengajak orang berbelanja di tempat yang kita promosikan, barulah bisa kita mendapatkan komisi.

     Cara lainnya adalah dengan memasang iklan di blog kita, tapi kita perlu sedikit bekerja keras karena berpromosi via blog harus berkaitan dengan SEO atau Search Engine Optimazition.  SEO ini merupakan teknik bagaimana menempatkan blog kita di posisi teratas pencarian google atau mesin pencari lainnya.

     Dan cara yang paling banyak dilakukan adalah dengan ikut kontes – kontes menulis ataupun lomba – lomba blog.  Otomatis jika kita mengikuti kontes2 tersebut akan mendatangkan hadiah.  Bahkan ada kontes menulis yang juga memakai teknik SEO, artinya tulisan yang kita buat harus berada di posisi teratas pada mesin pencari google.  Memang agak sulit yah.

     Nah, info – info tentang cara mendapatkan uang via blog tersebut adalah hasil dari blog walking, coba seandainya aku tidak ngeblog, tentu info – info semacam ini tidak akan aku ketahui khan.  Memang sampai saat ini aku belum pernah menghasilkan uang via blog, tapi minimal aku sudah tahu dan sepertinya aku tertarik untuk mencari duit via blog ini.

     Manfaat ngeblog memang sungguhlah banyak dan membuatku cukup kaget akan manfaat ngeblog.  Teman – teman sesama blogger sepertinya sudah banyak yang menghasilkan uang via blog kok, semoga aku bisa segera mengikuti langkah – langkah teman – teman tersebut.

     Selain mendapatkan info – info tersebut, manfaat ngeblog lain adalah aku  bisa menularkan hal – hal yang sifatnya positif buat orang – orang terdekat salah satunya adalah pada pak Elias, suamiku.  Nah, apa sih hal positif yang sudah kutularkan pada orang terdekatku itu.

Pak Elias jadi Rajin Membaca

     Suamiku adalah salah satu type pria yang paling malas membaca, sering protes jika statusku di facebook panjang – panjang, jika di sms sudah panjang, jawabannya paling cuman iya, oke, tidak atau tks.  Bete khan, kalau kita berharap mendapatkan balasan yang sms yang panjang malah dibalas hanya 3 huruf, huff.

     Mengingat aku sangat doyan membaca, maka aku juga menginginkan suamiku sesekali membaca novel – novel yang juga sudah kubaca.  Di awal – awal suamiku memang tidak tertarik, barulah pada saat melihatku membaca novel Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata, membuatnya penasaran.  Pak Elias melihatku begitu khusyuk membacanya padahal khan lumayan tebal, pada saat aku tertidur ternyata dia mencoba membaca lembaran awal novel Andrea itu.  Dan hasilnya pak Elias tidak mau berhenti membacanya, hahahaha.  Jadi semua novel – novel karyanya Andrea Hirata harus dibeli, walaupun bacanya tidak secepat aku.  Alasannya sih ‘kalau membaca itu, harus diresapi, Ty.  Jadi harus lama’, cukup masuk diakal, yang bikin rambut berdiri adalah aku juga pengen baca tuh novel tapi doi belum selesai – selesai juga, hiks. Sabar.

     Mungkin untuk membaca novel hanya sebatas karya – karya Andrea Hirata, karena pernah kuberitahu bahwa Negeri 5 Menara dan Ranah 3 Warna juga bagus lho, tapi sepertinya pak Elias tidak tertarik.  Malah sekarang sukanya blog walking kemana – mana, walaupun tidak meninggalkan komentar, tapi Alhamdulillah caranya membaca sudah melebihi dari caraku.  Kalau aku pas siang mungkin tidur siang dulu, tar sore dilanjutin, tapi pak Elias malah membaca saja kerjanya, apalagi di hari libur.  Kalau dulu aku minta tolong antar ke pasar, ukurannya adalah habiskan dulu sebatang rokok.  Dan sekarang ukurannya habiskan dulu satu artikel dibaca baru pergi, plus habiskan dulu sebatang rokoknya, hmm, ritualnya tambah panjang sepertinya, hihihi.

Hobby baru pak Elias membaca sambil BW via tab, gampang dan mengasyikkan

     Malah, pernah dia membaca blogku tanpa tahu kalau sebenarnya itu adalah hasil karyaku, hihihi.  Diam – diam ajah, nanti kalau dia tahu bisa – bisa tuh blog ditinggalkan.  Kesenangan membaca blog ini sepertinya bermula karena semakin gampangnya akses internet dan tidak mesti memakai laptop untuk membuka berbagai macam postingan di blog.  Sekarang ini kita bisa menggunakan ponsel, blackberry, iPad, iPhone ataupun tab untuk mengakses internet, sehingga memudahkan untuk membaca blog orang lain.

Mengompori Teman – Teman untuk ber-Blog Ria dan Menulis

     Menjadi kompor langsung snut itu adalah salah satu kelebihanku, teman – teman yang sering melihatku memposting tulisan di blog membuat mereka juga pengen ngeblog, makanya tiap mereka bilang ‘jadi, pingin ngeblog juga’ akan kujawab ‘ayo, ngeblog, banyak lomba – lomba menulis lho, bisa nyari duit juga’.  Padahal aku khan belum pernah juga menghasilkan duit dari blog yah, cuman dengan demikian waktu kita akan bermanfaat, minimal mengurangi jadwal bergossip dan menonton sinetron.

     Selain mengompori ngeblog, aku juga mengajak teman – teman yang punya bakat menulis untuk rajin – rajin mengasah talentanya itu.  Rugi banget kalau sesungguhnya punya bakat menulis tapi tidak disalurkan.  Aku rajin mengikut flash fiction di berani cerita, lewat ff itulah banyak teman – teman yang kukompori untuk menulis.  Lumayanlah memberi support buat teman – teman, yang bertalenta.

     Nah, seandainya aku tidak ngeblog mungkin pak Elias, suamiku itu, kerjaannya masih itu – itu saja.  Pagi – pagi ke tambak, siang hari istirahat, sore hari ke tambak, malam hari pun ke tambak dan istirahat.  Sekarang keseharian pak Elias lebih berwarna, selain diisi dengan bertambak ria, dia juga berblog walking kemana – mana.  Hasilnya setelah membaca blog teman – teman, aku harus siap mendengar cerita – ceritanya.  Tapi tidak mengapa yang penting bermanfaat.

Dan semoga teman – teman yang kukompori sepanas – panasnya itu, mau ngeblog dan menulis lagi.  Ngeblog dan menulis itu sama asyiknya, jadi tidak ada alasan untuk tidak ngeblog, bukan begitu blogger-wan dan blogger-wati.

Salam CInta
=================================   

Postingan ini diikutkan dalam #8 minggu ngeblog bersama anging mammiri

9 comments:

Shaela Mayasari

Sangat positif yahh,..Kebiasaan membaca dan menulisnya diikuti oleh suami..Hmm, saling membangun satu sama lain..Keren Mbak

Ejawantah Wisata

Setuju,,,,,,, dan ngeblog itu akan membuka jalan dan pengetahuan kita, kalau masalah hasil dengan sendirinya akan mengikuti proses berjalanan waktu, baik itu materi mau pun bersifat silaturahmi.

Dan yang terpenting akan memperkenalkan kepada keluarga terdekat dengan suatu langkah positif untuk ditiru dan akhirnya akan membawa ke jalan yang saling melengkapi.

Sukses selalu
Salam wisata

tau cantik

iya mbak, sya juga merasakan hal positif mengenal dunia blog, ada begitu banyak info yng dahulunya tdk diketahui, dengan adanya dunia blog dan dunia2 lainnya, maka info tersebut dengn cepat kita ketahui.

banyak teman, mengasah bakat menulis, dll

salam kenal mbak,

ilham nabawi

kunjungan perdana sobat, salam kenal
visit back my blog ya..

Bunga Tongeng Andi

Suamiku juga malas membaca lho. Sepertinya, saya harus pamer blog ke dia, biar dia coba ngeblog juga. dan pastinya, bakal rajin membaca tuk modal menulis, mengisi blognya

Vanda Arie

saya snyum2 baca kebiasaan suami mba yg hemat kata kalo balas sms hihi kita senasib .
Salam kenal mbak :)

Evi Sri Rezeki

Karena ngeblog saya bisa jalan-jalan :)

Santi Dewi

hihihi seru juga aktifitas ngeblognya ya... sampai2 suami juga jadi 'korban' ngeblog :)

yunarty itu aty_bidam

@ mba Shaela...mudah2an seterusnya yagh mba, makin rajin membaca...

@ ejawantah...betul banget, semoga makin giat membaca...

@ tau cantik...wah, dikunjungi sama tau cantik nih, xixixi...yagh betul banget manfaatnya banyak baneget...

@ mas ilham...okey, nanti dikunjungi balik yagh..

@ andi bunga...iye, gak perlu dipaksa, nnt suami liat kita rajin membaca, tar penasaran deh...

@ mba vanda...iya mba, sudah ngetik panjang kadang sampe 2 sms, malah jawabannya cuman hehehe kalau lucu, atau iya kalau pesen sesuatu, ihh gemes...

@ mba evi...mau, mau, mau juga kek gituuu :D

@ mba santi...iya mba, yg mitos champion i2 dy baca tapi gtw kalo yg buat postingannya itu akuuu, hehehe :D