LANGIT MASIH BIRU.....

Postingan ini diikutkan dalam 8 minggu ngeblog bersama anging mammiri, minggu ke tujuh dengan tema andai saya tidak ngeblog.

     Di era kekinian, ada banyak cara untuk mengaktualisasikan diri seseorang, salah satunya dengan ‘ngeblog’.  Ngeblog sudah bukan hal yang aneh lagi di jaman digital ini, termasuk bagi emak – emak sepertiku.  Walaupun blogku masih dipake untuk curhat, mengeluarkan unek – unekku, atau apapun yang terjadi di seputar kehidupanku.

     Sebenarnya aku mulai ngeblog di tahun 2009, tapi tidak begitu aktif, bahkan blogku sempat tersuspend.  Dan di awal tahun 2013 tepatnya di bulan Maret aku di ajak kembali untuk aktif ngeblog oleh mba Ade Anita, maka aku segera menyerbu sepupuku tersayang Ibel, dengan berbagai rayuan via bbm dan sms, hampir tiap hari sepertinya kuserang Ibel dengan pesan2 gak mutuku itu, hehehe :) dan akhirnya dengan rayuan maut pulsa 50 ribu berhasil meluluhkan hatinya untuk segera mengutak – atik blogku biar bisa aktif kembali.  Dan berhasil walaupun pulsa 50 ribu-nya melayang setelah 2 bulan kemudian, glek.

     Blog itu sendiri berasal dari kata WebLog yang artinya adalah catatan harian yang dimuat dalam blog.  WebLog berasal dari dua kata yaitu Web, sebuah situs di internet seperti www.blogspot.com misalnya.  Dan kata kedua adalah Log, yang berarti catatan kejadian atau bisa disamakan dengan buku diary.  WebLog akhirnya banyak dikenal sebagai blog.

     Blog adalah sebuah web site atau situs web yang berisi catatan/jurnal harian, kegiatan orang sebagai pribadi ataupun kelompok (sumber blogging aurino).  Walaupun berbentuk catatan harian tapi blog tidak harus diisi setiap hari. Untuk membat blog sekarang ini sudah banyak domain – domain gratis yang menyediakan fasilitas untuk ngeblog seperti blogspot ataupun wordpress, dll.

     Kegiatan untuk mengisi blog sering disebut blogging, sementara orang yang memposting tulisan di blog disebut sebagai blogger, kegiatan saling mengunjungi blog atau bertamu (bisa meninggalkan komentar ataupun sekedar membaca saja) disebut blog walking.

     Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa ngeblog itu hanya buang – buang waktu, atau ngeblog itu kegiatan orang yang tidak punya kerjaan, ngeblog itu hanya untuk orang – orang yang tidak ada urusan rumah tangga karena tidak punya anak yang mau di urus, hello buka mata lebar – lebar dong kenal kak Mugniarbunda Yati Rachmatmba Leyla Hana tidak, mereka itu ibu rumah tangga dengan anak yang masih kecil – kecil, apalagi bunda Yati umurnya sudah 74 tahun tapi masih bisa tuh meluangkan waktunya untuk ngeblog. Mereka selain blogger juga sudah menerbitkan buku lho.  Ada banyak manfaat yang kudapatkan semenjak kuputuskan untuk menjadi seorang blogger aktif,
  •     ..  Menambah teman
Dengan menjadi seorang blogger, aku bisa menambah banyak teman dari berbagai kalangan yang sama – sama aktif sebagai seorang blogger.  Setidaknya karena saling mengenal kita merasa akrab dan akhirnya silaturrahmi menjadi lebih terjalin lagi.

 Sumber klik disini
  • Ikut  berbagai ajang menulis
Pada dasarnya aku suka menulis karena sejak dahulu kala cita – citaku adalah menjadi seorang wartawan, wartawan olahraga tepatnya, dengan modus kalau jadi wartwan olahraga bisa menyaksikan tayangan – tayangan olahraga secara live dan gratis, cukup kasih tulisan ajah, hehehe :)

Walaupun aku belum pernah juara di ajang menulis apapun, sekalipun giveaway, tapi aku tetap semangat karena suatu saat nanti aku pasti bisa menang, seperti kata mba Ila Rizky Nidiana, kalau sekarang saatnya kita menanam dan kelak kita akan panen.  Jadi tidak apa – apa aku sekarang hanya ikut berpartisipasi sebagai peserta, dan besok bisa saja aku menjadi salah satu pemenang, Insya Allah.
Aty banget nih, kebanyakan makan dan minum saja depan leppie (sumber klik disini)
  •           Mengurangi waktu bergossip
Namanya emak – emak, pasti tidak jauh – jauh dengan yang namanya bergossip.  Biasanya memang aku selalu mengisi hari – hariku dengan jalan – jalan sore di seputaran kompleks. Dan pada saat pulang maka aku akan membawakan ole – ole buat suamiku berupa gossip. 

Celotehan yang kadang membuat pak Elias menjadi manusia tuli dan bisu, karena malas mendengarku berceloteh dengan gossip – gossip tidak jelas itu.  Yah sekarang aku memang menjadi jarang keluar rumah kecuali ada acara, misalnya acara ulang tahun, mendoa, baralek atau apapun yang ada makanannya, hahaha :)
Mungkin ini yang akan terjadi, jika aku berceloteh a.k.a bergossip dengan suami tapi dicuekin (Drama Seri Korea berjudul Thorn Birds Episode 3)
  •          Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan
Perlu digaris bawahi bahwa ngeblog itu tidak buang – buang waktu karena ada banyak info – info dari teman – teman sesama blogger.  Info ini tentulah akan menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita.  Jadi dengan jarang keluar rumah bukan berarti menutup diri tapi justru dari rumah kita pun bisa menggenggam dunia. 
  •          Semakin menguatkan diri untuk menjadi penulis
Jangan tertawa melihat manfaat ngeblog menurutku “semakin menguatkan diri untuk menjadi penulis”, memang selain menjadi wartawan olahraga, cita – citaku yang lain adalah menjadi penulis novel.  Kedua profesi ini semuanya tidak jauh dari dunia tulis menulis memang.

Dengan ngeblog aku bisa kenal dengan banyak penulis, bisa menimba ilmu dari mereka lewat blognya tentunya.  Bukankah blogger itu penulis yagh, penulis di blognya masing – masing, dan banyak yang bisa melihat tulisan kita lewat blog masing – masing.

Ini salah satu penulis favoritku mba Ifa Avianty (sumber : kokonata.multiply.com)

Sekarang untuk makin menguatkan diri menjadi penulis aku bergabung di Be a Writer, disana ada banyak penulis – penulis dan calon penulis hebat.
  •          Bergabung dengan berbagai komunitas blogger
Otomatis dengan menjadi blogger, menarikku masuk di berbagai komunitas blogger, awalnya aku tidak tahu kalo ada komunitas khusus untuk blogger.  Dan tahu tidak siapa yang mengenalkanku terhadap berbagai komunitas blogger itu, siapa lagi kalau bukan mba Ade Anita, aku di ajak gabung ke Warung Bloggerberani ceritaKumpulan Emak2 Blogger dan Be A Writer.  Menurut mba Ade komunitas blogger tsb adalah komunitas yang oke punya. Dan memang terbukti sangat oke punya.

Sampai suatu hari kak Mugniar memberikan informasi tentang tantangan 8 minggu ngeblog bersama anging mammiri.  Ini juga salah satu tempat kumpulnya para blogger yang hebat – hebat lho.  Intinya dari semua komunitas itu tempatku banyak mendapatkan tambahan ilmu dalam hal kepenulisan.  Karena kita bisa blog walking ke blognya teman – teman blogger, bisa membaca postingan mereka, sambil belajar tentunya.

     Dan kira – kira apa yang terjadi jika aku tidak ngeblog, sepertinya tidak akan terjadi apa – apa deh.  Jika aku tidak ngeblog tentunya langit masih biru, aku tetap beraktivitas di SUPM Neg. Pariaman, tetap menjadi nyonya Elias tokh, hahahaha :D. Tapi apa saja yang terjadi sih kalau seandainya aku tidak ngeblog :
  •         Modulku selesai
Aku memang sanagat suka menulis, termasuk menulis modul.  Modul – modul yang kubuat adalah sesuai dengan mata pelajaran yang kuampuh.  Saat ini aku mengampuh dua mata pelajaran yaitu Hama Penyakit Ikan dan Ilmu Pengetahuan Alam.  Ada 9 kelas yang harus kumasuki setiap minggunya, termasuk tugas – tugasku sebagai ketua program keahlian, kebayang rempongnya.

Salah satu modul Hama Penyakit Ikan untuk Kelas I Semester I yang dipergunakan di lingkup SUPM Neg. Pariaman

Tapi aku masih bisa menyelesaikan modul – modul yang terkadang kupecah menjadi per sub kompetensi.  Bukan apa – apa, membuat modul berarti menambah isi kantongku untuk membeli buku – buku incaranku.  Satu modul dihargai Rp. 250.000, terkadang aku mampu membuat 3 sampai 4 modul, lumayan tokh buat jajan.

Tapi, sepertinya lebih asyik ngeblog untuk sekarang ini.  Sekarang aku sudah ditagih – tagih supaya nyetor modul, alasanku “jangan aku teruslah, pak, beri kesempatan yang lain” kayaknya ini alasan yang mengada – ada banget yah, nolak duit.
  •          Sepedaku akan kepakai
Sekarang karena intensitasku berjalan – jalan keluar rumah semakin berkurang akhirnya sepedaku jadi jarang kupake lagi.  Sepedaku itu sekarang jadi penghuni setia garasi rumah, karena pemiliknya lagi sibuk ngeblog.
Sampai bannya kempes sudah tidak peduli lagi sama tuh sepeda, aku janji besok kupompa tuch sepeda.
  •          Tidak begadang dan tidak banyak mikir
Sepertinya begadang itu adalah bagian dari diriku, karena sebenarnya ngeblog atau tidak ngeblog aku tetap begadang, apalagi tahu sendiri aku paling doyan nonton sepakbola yang selalu tayang tengah malam.

Dengan ngeblog sebenarnya aku jadi banyak mikir, tentang tema – tema tulisan yang akan kubuat ataukah tentang tema lomba tulisan yang akan kuikuti.  Padahal kalau aku gak ngeblog tuh aku tidak akan banyak mikir, paling yang kupikirkan besok bakal masak apa, mau liburan kemana atau besok mengajar materi apa.
  •          Tidak jadi fotografer dadakan
Walaupun aku narsis sebenarnya, paling suka berfoto – foto ria.  Semenjak rajin memposting tulisan semua hal yang terjadi selalu kuabadikan lewat foto dan yang menjadi modelnya sebagian besar bukan aku lagi. 
Artinya jika aku tidak ngeblog aku akan makasa – maksa orang untuk memotretku dengan gaya – gaya yang gak banget, bukan be a writer but be a model mungkin, hahahaha :)

Dengan ngeblog mengharuskanku menjadi fotografer dadakan, memotret segala hal yang akan menjadi tema dalam tulisan yang akan diposting.
  •         Makin rajin nulis diary
Aku sudah rajin curhat sejak dulu, seingatku sejak SD.  Semuanya kubukukan dalam sebuah buku yang disebut diary, disanalah curhat – curhat tidak jelasku kutuangkan dalam diary.

Barangkali jika aku tidak ngeblog mungkin aku hanya bisa menulisnya dalam sebuah diary, apalagi jika sedang galau.

  • Proyek membaca buku akan terselesaikan
Selain doyan menulis, aku pun pembaca yang baik, yah karena hobbyku yang lain adalah membaca.  Buku setebal 500 sampai 600 halaman bisa kuselesaikan dalam waktu 3 atau 5 hari.  Kebayang khan, betapa beringasnya aku membaca.  Sambil masak aku juga membaca, sambil mencuci pakaian aku juga membaca, di kantor pun demikian, di saat orang mengisi waktunya dengan ngobrol, maka aku akan membaca, walaupun sesekali aku akan menimpali obrolan teman - temanku itu.

Tapi karena aku ngeblog jadilah sekarang buku - buku itu teronggok manis di sudut mejaku, belum tersentuh sama sekali, padahal orang yang minjam buku - buku itu sudah pada khatam, tapi aku sendiri malah belum membacanya sama sekali, hiks.

Sebagian dari buku - buku yang belum sempat terbaca, hiks.
  • Makin rajin mengumpulkan resep - resep
Rajin mengumpulkan resep, belum tentu rajin masak, yah aku hanya rajin mengumpulkan resep, tapi jarang mempraktekkannya.  Selain karena pak Elias kurang doyan masakan yang pakai resep, lebh suka masakan yang mengalir apa adanya, terkadang bahan - bahan yang ada di resep tidak ada di Pariaman, masa harus mencari sampai ke Padang untuk sebiji kluwak atau mesti ke Bukittinggi untuk mencari jamur, khan sangat berat di ongkos tuh, belum tentu pula rasanya nanti enak, hehehehe :D

Sebagian resep - resep dari tabloid Wanita Indonesia, masih banyak lagi koleksi resep - resep lainnya, baik berupa hard copy ataupun soft copy, dikoleksi siapa tahu berguna, kelak.

     Tidak banyak yang terjadi jikalau aku tidak ngeblog, memang langit masih akan selalu biru, mentari pun akan selalu terbit di pagi hari seperti biasanya.  Tapi buatku dengan ngeblog ada banyak manfaat yang kudapatkan. Bagaimana dengan teman - teman blogger, apa yang terjadi seandainya kalian tidak ngeblog???



Salam Cinta
=====================================

Postingan ini diikutkan dalam #8 minggu ngeblog bersama anging mammiri

8 comments:

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist

Mengurangi waktu bergosip yah mbak :) dan memang sih kalo ngeblog GOSIP sudah jauh-jauh dri aktivitas yg TIDAK sengaja kita digelincirkan :)

http://chemistrahmah.com

Arga Litha

nahhh banyak manfaatnya ya? ^^
mengumpulkan resep makanan? mau diuji coba lalu resepnya ditulis di blog? jangan lupa potret nyata hasil jadi masakan biar bisa bikin ngiler yang baca, hehe

terus semangat ngeblog yaaa

salam manis,
arga litha

Ade Anita

Xixixi namaku bertebaran sebagai kompor api birumu ya ternyata

Hanna HM Zwan

salam kenal mak :D
dan ternyata ngeblog itu banyak banget manfaatnya ya mak,terus berkarya :D

yunarty itu aty_bidam

@ mba Rahma...nah i2 dy, mungkin suamiku senang krn sdh jarang keluar rumah, tp agak kesal karena sepedaku tidak dirawat lagi, hehehehe :)

@ mba litha...dikoleksi aj tuh resep, yg dicoba paling satu dua, kadang hasilnya menggembirakan, kadang menyedihkan...

@ mba ade...sebenarnya memang mba Ade yang ngomporin di awal, jadilah bersemangat lagi, makasih *ketjup :)

@ mak Hanna...salam kenal mak, yg pasti manfaatnya banyak selain jarang keluar rmh, skrg dah jarang nonton juga lho, hehehe :D

Mugniar Marakarma

Aih dinda ... ini sebenarnya bisa dibikin 2 postingan lho, atau malah lebih banyak lagi. Kalo dipecah2 kan bisa lebih banyak poinnya :)

Btw makasih ya sudah dimention di sini :)

Imma Rahmawati

salam kenal sesama anggota BAW...
tapi kenapa baru tahu ya diriku???
yuk semangat terus ya mbak...

yunarty itu aty_bidam

kk niar...iye kk, krn kita bilang kek gitu, mkx z bikin lg postingan baru :-)

bunda imma...z anggota baru kasian bunda, mkx tdk tw mungkin, msh anak bawang :-)